Minggu, 17 November 2019

Resume Profesi Kejuruan


Setelah materi yang disampaikan bang Fahmi tadi, ada istirahat sholat dan makan pada jam setnagah 1 hingga jam setengah 2. Setalah itu kami kembali berkumpul diruangan dan kembali mendapatkan materi.

Software Developer
Materi kali ini tentang Profesi dan kejuruan, materi pertam adalah Software Devloper disamapaikan oleh bang Rahmat Nurhada. Bang Huda menyampaikan bahwa untuk menjadi software developer hal dasar yang utama adalah kita harus menguatkan skill coding dan algoritma kita dalam menyelesaikan suatu masalah, karena dalam software developer skill coding adalah hal yang wajib dikuasai, bang huda menyarankan kepada kami sebuah buku yg berjudul “Clean Code” karena pada kenyataannya membuat suatu projek kita akan membutuhkan team dalam pengerjaannya. Bang Huda juga menekankan untuk memperdalam ilmu dalam Algoritma Struktur Data karena hampir semua tes yang diberikan oleh perusahaan sebagai software developer adalah alagoritma struktur data. Bang huda bilang dalam software developer biasanya dibagi menjadi 3 role yaitu :

-        Frontend Developer : HTML, Javascript, CSS
-        Backend Developer : Database dan Logic
-        Fullstack Developer : mengerjakan hampir seluruh bagian pekerjaan

Cyber Network
Lalu selanjutnya ada materi oleh bang Muhammad Marwin Wijaya dan bang Yodel. Bang Arwin menjelas dalam klub jaringan dibagi menjadi 5 divisi yaitu :

-        Cyber Application : mengurus aplikasi – aplikasi yang diperlukan untuk networking
-        Cyber Networking : melindungi serangan dari luar, sepereti hacking, malware dll
-        Administration Server : mengurus dan menyiapkan suatu  server
-        Network Infrastructure : membangun infrastrurktu jaringan disuatu tempat
-        Digital Forensic : penyilidiakan dan identifikasi jejak digital seseorang atau file tertentu

Dan bang Arwin juga bilang  jaringan komputer bisa jadi alternative ke orang – orang yang tidak terlalu pandai dalam hal coding karena di jaringan komputer kodingan sedikit digunakan, hanya digunakan dibagian tertentu saja, dan juga jaringan komputer juga bisa dijadikan untuk refrensi sebagai Tugas Akhir.
Lalu setelah itu bang Yodel yang menjelaskan tentang Damn Vulnerable Web Application yaitu tentang backdoor atau mencari kelemahan suatu system sehingga suatu system tersebut dapat ditembus, bang Yodel memberitahu  bahwa ada 5 cara untuk menembus suatu system yaitu :

1.     Code Injection
2.     XSS
3.     MySQL
4.     XSS
5.     CSRF

UI dan UX
Lalu selanjutnya ada materi tentang UI dan UX yang disampaikan oleh bang Dino Febrianto. Bang dino menjelaskan pengetian tentang User Interface (UI) adalah tampilan grafis yang terhubung langsung dengan user, dan juga User Experience(UX) adalah pengalaman user dalam menggunakan produk interaktif
Bang Dino juga menyampaikan tujuan dari UI adalah untuk membuat interaksi pengguna nyaman digunakan dan tujuan dari UX adalah  untuk membuat pengalaman pengguan merasa baik dalam menggunakan produk interaktif.
Bang dino juga menyampaikan tentang tugasa UI yaitu  :

-        Menuntun user lewat Visual StoryTelling
-        Graphic and Animation Development
-        Responsive Software Design
Bang dino juga menyampaikan apa yang harus dipelajara oleh UX :
-        Fokus pada user
-        Kemampuan melihat dan menyelesaikan masalah dari berbagai sisi
-        Kemampuan research
-        Never settle

Mobile Software Development
Materi selanjutnya adalah tentang Mobile Software Developtment oleh bang Leonardo, bang Leonardo memberi nasihat kepada kami bahwa ilmu dari kuliah itu sangatlah minim, oleh karena itu kita harus mencari tahu sendiri tentang ilmu yang kita dalami untuk menguasainya. Bang leo bilang dia belum lama juga mendalami Mobile Development, dia baru mulai mempelejarinya saat liburan semester 4 kemarin, dalam waktu yang singkat itu bang leo sudah mengikuti lomba diluar dengan aplikasi yang bernama Flare, dan mendapatkan 5 besar. Yang artinya disini menyampaikan bahwa untuk belajar Mobile Development tidaklah terlalu sulit asal kita ingin mencoba dan berusaha untuk belajar. Bang leo juga bilang dalam mobile development salah satu bahasa yang digunakan adala Javascript, dan tool yang sekarang digunakan bang leo adalah Andoid Studio, bang leo menyapampaikan bahwa tool ini juga cocok untuk pemula seperti kita, dan bang leo juga memberitahu kami untuk mengikuti dicoding semaca les untuk mobile development.

Achmad Ferdi 195

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.